Senin, 26 Oktober 2009

Akses MYOB Database dengan VB dan Excel

Cukup banyak pemakai program MYOB ingin bisa mengakses database MYOB untuk berbagai keperluan, misalnya untuk membuat analisa atau laporan yang belum tersedia di MYOB, tapi untuk mengakses langsung kita harus membeli lisensi ODBCDriver seharga Rp. 3.000.000, mahal ya ? dan setelah itu kita masih dihadapi kesulitan dalam membuat program untuk bisa memanfaatkan database yang telah terbuka via ODBC.

Salah satu cara yang murah tapi tidak terlalu mudah (jujur, ngga terlalu susah juga kok) adalah dengan memanfaatkan Excel dan dipadukan dengan sedikit script Visual basic lewat VBA (Visual Basic for Application) yang telah lama ada pada program Excel yang biasa kita pakai sehari-hari, yang toolsnya biasanya disebut Visual Basic Editor (VBE) dan hasilnya akhir akan berupa Macro.

Secara sederhana cara kerjanya kira-kira seperti ini :

1. Data yang akan diolah oleh Excel+VBA didapat melalui proses ekspor MYOB, tapi sebelumnya anda harus paham dulu laporan apa saja yang harus diekspor, dan kalau untuk membuat laporan atau analisa baru ini kita memerlukan beberapa data hasil ekspor, anda harus mengerti hubungan antar data hasil ekspor tersebut.
2. Hasil ekspor MYOB berupa file text (*.txt) yang bisa langsung dibuka dengan menggunakan Excel dan ditampilkan dalam sebuah Sheet. Karena memang format hasil ekspor dari MYOB secara default adalah Tab Delimited, kita tidak perlu lagi susah payah mengkonversi data hasil ekspor ini supaya bisa dibuka oleh Excel.
3. Buka data ini di Excel, kalau data hasil ekspor yang ingin dipakai lebih dari satu, gunakan Sheet yang berbeda untuk masing-masing data
4. Di Sheet berikutnya kita bisa membuat Form pengolah data dengan menggunakan Visual Basic Editor, nanti sedikit demi sedikit kita bahas dari dasar, mulai dari pengenalan apa itu VBA, I.D.Enya (Development Environtment) sampai bagaimana membuat script sederhana untuk mengolah data dari MYOB.
5. Sheet lainnya kita bisa manfaatkan untuk membuat format laporan, yang isinya akan di 'kirim' oleh Sheet pengolah data, bisa juga ditambah Sheet lainnya untuk menampilkan Grafik, karena fitur grafik di Excel sangat canggih, sayang kalau ngga dimanfaatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar