Senin, 26 Oktober 2009

membuat file mp3

Sebenarnya tips ini udah nggak begitu populer lagi, tapi buat yang belum tau akan cukup menarik. Bagi yang udah tau caranya, harap maklum ya.. karena ini memang ditujukan untuk yang belum tau aja, atau bagi yang selalu mengandalkan konter hape.

Akhir-akhir ini banyak konter hape yang menyediakan fasilitas bermacam-macam. Jadi nggak hanya untuk jualan hape dan voucher aja, tapi udah merambah ke bisnis lain, seperti jualan aplikasi, ringtone, dan mp3. Nah biasanya untuk aplikasi kita kena charge dari yang punya konter seharga 5000 rupiah. Dan untuk mp3 harganya cukup bervariasi, tergantung dari jumlah mp3, kualitas lagu, dan tentu lagunya itu populer apa ndak. MP3 yang ditawarkan oleh penjual itu adalah mp3 yang sudah dikompres lagi, bisa dibayangin khan? file mp3 yang merupakan kompresan, dikompres lagi ama yang jual untuk menghasilkan file yang ukurannya lebih kecil dan kualitas suara yang hampir “sama”. Parahnya kalo kompresannya ngawur, alias cuma make BitRate 24 KBits/sec. Padahal rata-rata file mp3 itu bitrate-nya 128 KBits/sec.

Nah, kita bisa bikin file kompresan sendiri, dan mengatur sendiri mau make BitRate berapa, sehingga akan menghasilkan file mp3 yang cocok dengan kita baik ukurannya dan kualitasnya. Sebelumnya saya tekankan, ni saya nyoba di ponsel Nokia yang sudah mendukung format mp3, jadi untuk ponsel jenis lain, saya blom pernah coba.

Okeh, peralatan yang dibutuhkan adalah:
1. HAPE (hehehe..)
2. Konektor (kabel data, irda, blutut, card reader) –> pinjem aja
3. Komputer atawa Laptop.
4. Software Sonic Foundry Sound Forge Full Crack. (aku make versi 6.0).
5. Makanan dan minuman ringan secukupnya.

Okeh, persiapkan dulu semuanya, yang agak susah paling cari software-nya aja, cari di rental CD terdekat, plus minta cracknya. Disini kita butuh 2 crack, yaitu untuk softwarenya sendiri yang menghasilkan serial number, yang satunya untuk crack fasilitas mp3-nya. kalo nggak di crack, kita cuma bisa bikin file mp3 sebanyak 20 kali aja. Kalo susah dapet cracknya, japri saya aja.

Udah dapet semuanya? sip, install dulu, trus siapkan file mp3 yang mau di kompres kedalam satu folder, bukan kenapa2.. Biar gampang organisirnya aja. Trus buka Sound Forge-nya. Setelah terbuka, klik Open untuk membuka file mp3 yang akan kita kompres. Setelah terbuka akan tampil semacam grafik wave (aku ga tau namanya). Nah setelah itu klik File -> Save As..

Klik Tombol Custom, lalu dibagian Encode Setting pilih bitrate yang anda inginkan. Biasanya saya make 56 KBits/Sec. Oh iya, Anda bisa menambahkan title, album, artist dan segala macem dibagian ID3 Setting. Kalo udah klik OK. Sekarang tentukan Save In anda.. maksudnya file itu mau disimpen dimana.. ehm, biar gampang masukin ke folder baru aja.. (misal mp3-kompress). Trus klik Save dengen mantab dan semangat… Tunggu bentar, dan jreengggg… file mp3 dengan ukuran lebih kecil sudah jadi buat Anda.. Sebagai contoh saya kompres file mp3 segede 4,40 mb, dengan bitrate 56 KBits/sec berubah jadi 1,54 mb.

Sekarang tinggal konekkan hape atau MMC anda ke komputer, trus pindahin aja ke hape.. Lalu denga Ultra MP3 anda scan file mp3 anda, dan jreengg file mp3 tadi udah tampil di playlist..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar